Mahasiswa KKN Undip Sulap Minyak Goreng Bekas Jadi Pembersih Lantai Anti-Kuman

Take video pembuatan pembersih lantai anti kuman

BERITA-ONLINE2K.COM - SEMARANG – Minyak jelantah menjadi salah satu limbah rumahtangga yang jarang sekali dimanfaatkan, tak heran di kalangan ibu-ibu hanya dibuang.

“Ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekitar,” kata mahasiswa KKN Tim I Undip 2021, Alex Frederius, Sabtu (30/1/2021).

Ia melaksanakan kegiatan KKN di Desa Kramas , Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Oleh karena itu, dilakukan progam pembuatan pembersih lantai anti kuman berbahan dasar minyak jelantah untuk mengurangi limbah rumah tangga.

Pembuatan pembersih lantai ini tidaklah sulit meskipun ada bahan - bahan yang perlu dibeli dari toko kimia.

Cukup menyiapkan bahan utamanya yaitu minyak jelantah, KOH, citrun, natrosol,  BKC,  NP 10, foam booster, pewangi dan pewarna .

Langkah pertama, larutkan KOH dalam air dengan perbandingan 3:10, aduk sampai  larut sempurna.

Masukan minyak jelantah kurang lebih 2:1 dari larutan koh, lalu di mixer hingga tercampur sempurna.

Diamkan minimal 1 hari hingga tekstur menjadi keras dan larutkan dengan air sesuai kebutuhan tambahkan bahan - bahan penunjang seperti natrosol, BKC, NP 10, citrun,  foam booster, pewangi dan pewarna diamkan dan tutup wadah seharian dan pembersih lantai anti kuman siap digunakan.

Menurut Alex, progam ini diharapkan dapat membantu masyarakat sekitar untuk memanfaatkan minyak bekas sehingga mengurangi pencemaran lingkungan sekitar dan ke depannya pembersih lantai ini pun dapat dimanfaatkan untuk dijual.

Untuk membantu masyarakat dalam pembuatan juga sudah diberikan modul lengkap pembuatan pembersih lantai dan juga disiapkan video tutorial pembuatan pembersih lantai komplit dan tuntas yang mana diharapkan dapat berguna kedepan dimasa pandemi covid-19.


Post a Comment

0 Comments