Yuk Sisipkan Waktu Tidur Siang, Ini 5 Manfaatnya!


Tidur siang di kursi taman by pixabay
Setiap orang pasti pernah tidur siang. Tapi kebanyakan orang tidak tahu akan manfaat dari tidur siang. Banyak orang juga memberi stigma tidur siang kepada sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja, namun tidak sepenuhnya hal itu benar. Justru tidur siang yang cukup ternyata, membawa manfaat yang mengejutkan. Mulai dari meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas , hingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu kami sangat menganjurkan anda memiliki waktu untuk tidur siang.

Waktu Tidur Siang yang Dianjurkan:
Dikutip dari berbagai sumber, waktu tidur siang yang dianjurkan untuk tubuh adalah pada pukul 2-3 sore. Sedangkan lama waktu tidur siang yang dianjurkan yaitu 20-30 menit. Jika terlalu lama dapat menggangu waktu tidur di malam hari.

Berikut 5 manfaat tidur siang:

1. Meningkatkan Daya Ingat Anda
Salah satu manfaat dari tidur siang adalah meningkatkan daya ingat anda. Oleh karena itu tidur siang disarankan bagi anda yang sering lupa dan bagi anda yang sudah lansia. Dikutip dari sebuah penelitian di Jerman bahwa orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik dari yang tidak tidur siang sama sekali. Dapat dikatakan tidur siang adalah terapi bagi anda untuk mengasah ingatan anda secara gratis. Tidak hanya bagi lansia saja manfaat ini juga berguna bagi anak-anak anda dalam mengingat materi pelajaran disekolah.

2. Meningkatkan Kreativitas Anda
Tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas anda. Pasalnya, ketika seseorang memiliki waktu tidur siang yang cukup , maka persepsi sensoriknya akan meningkat dua kali lipat. Jika memiliki masalah terkait kreativitas, sebaiknya Anda mencoba untuk tidur siang yang cukup. Hal ini  sudah dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick. Ketika tidur, pikiran akan jauh lebih segar dan beragam ide baru pun akan muncul.

3. Mengatasi Masalah Tidur Insomnia
Banyak orang beranggapan bahwa tidur siang dapat menyebabkan susah tidur di malam hari atau istilahnya disebut insomnia. Faktanya, bahwa salah satu manfaat tidur siang adalah mampu mengatasi insomnia. Tentu cara ini akan sangat efektif kalau kamu tidak tidur siang secara berlebihan dan sesuai dengan waktu tidur siang yang baik seperti dijelaskan pada pembahasan awal.

4. Memperbaiki Mood Anda
Psikiater dari Universitas California, Sara Mednick mengatakan bahwa tidur siang yang cukup dapat meningkatkan hormon serotonin. Perlu diketahui bahwa hormon serotonin dapat mengatur suasana hati, tidur dan selera seseorang, serta dapat menghasilkan perasaan kepuasan seseorang. 

5. Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Karena, kedua penyakit ini tergolong mematikan dan dapat menyerang secara tiba-tiba. Ternyata tidur siang juga mampu mencegah penyakit jantung. Dikarenakan tidur siang yang cukup dapat memberikan rasa rileks pada sel-sel dalam tubuh serta terbukti efektif mencegah dari risiko penyakit berbahaya.

Baca juga :
3 kekayaan alam Indonesia yang dikuasai asing
Tips menemukan jodoh bagi anda yang jomblo
Tips menjaga hubungan tetap awet

Post a Comment

0 Comments