Top 3 Kekayaan Alam Indonesia Yang Dikuasai Asing




Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan dalam sebuah lagu negara Indonesia diibaratkan seperti "kolam susu". Mulai dari kekayaan, laut, darat, bumi dan kekayaan lainya sangat fantastis dan sulit untuk dihitung jumlahnya. Inilah Indonesia kita yang di dalam negara seribu pulau ini tersimpan kekayaan alam melimpah mulai dari Sabang maupun sampai Merauke.

Dikutip saat bapak Abraham Samad berpidato di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Hotel Ecopark Jakarta tahun 2013 lalu. Mantan ketua KPK ini mengatakan bahwa potensi pendapatan negara dari berbagai sektor tambang dapat mencapai Rp 7.200 triliun setiap tahunnya. Bahkan bila ditotal, pajak dan royalti yang dibayarkan dari blok migas, batubara, nikel, dan emas pada setiap tahunnya dapat mencapai Rp 20.000 triliun jumlah yang fantastis . Ya jika saya hitung kalau dibagi 250 juta warga Indonesia bisa dapat Rp 20 juta tiap orangnya.

Malangnya kekayaan alam Indonesia saat ini masih banyak yang dikuasai asing. Dikutip dari position paper Asia-Europe People's Forum-9 Sub Regional Conference mengungkap bahwa kekayaan alam tambang Indonesia hampir 100 persen berada di bawah kontrol asing, kekayaan migas sebanyak 85 persen dikuasai asing, dan kekayaan batubara 75 persen dikontrol asing. 

Padahal, Soekarno mati-matian menjaga kedaulatan Indonesia, agar bangsa ini mandiri dan merdeka sepenuhnya. Pada 1961, Presiden Soekarno gencar merevisi kontrak pengelolaan minyak  dan tambang-tambang asing di Indonesia. Minimal sebanyak 60 persen dari keuntungan perusahaan minyak asing harus menjadi jatah rakyat Indonesia. Langkah-langkah yang digencarkan oleh pemerintahan Soeharto sangat bertentangan dengan kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan oleh Soekarno.

Ya memang Indonesia pada zaman soekarno masih belum mampu untuk mengolah SDA-nya dikarenakan masih belum ada fasilitas yang cukup memadai. Dan pada zaman soeharto berbagai kesepakatan dibuat dengan pihak asing untuk mengolah kekayaan alam Indonesia. Sehingga bangsa ini seakan tertidur dengan menikmati kekayaan alam yang telah dinikmati asing terlebih dahulu, yang harusnya dinikmati oleh bangsa ini sepenuhnya. Bangsa ini pun semakin merasa nyaman menikmati hasil olahan bangsa asing tanpa mau berjerih lelah untuk mengolah kekayaan alam sendiri. Dan hasilnya apa semakin banyaknya kontrak yang dibuat dengan bangsa asing untuk mengolah kekayaan alam indonesia.

Berikut Top 3 Kekayaan Alam Indonesia yang Dikuasai Asing



Post a Comment

0 Comments