Babak Kedua Debat Pilpres: Jokowi atau Prabowo?

Jakarta - Pakar politik Charta Politika Yunarto Wijaya melihat Jokowi unggul di babak dua Pilpres dari segi paparan. Namun Prabowo cerdik mengambil keuntungan Pemilu.

"Kualitas berdebat jelas di sesi kedua Jokowi jauh sekali unggul. Tentang infrastruktur Jokowi langsung bicara angka. Sebenarnya Prabowo bisa mengimbangi kalau tidak menggunakan contoh ketika menyerang, misal soal LRT Palembang dan Bandara Kertajati. 

Baca Juga : Top 3 Kekayaan Alam Indonesia Yang Dikuasai Asing

Terlihat Jokowi sudah menyiapkan jawaban sehinga lubang yang ada tidak bisa diserang Prabowo," kata Yunarto kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).
Baca juga: Prabowo Tepis Jokowi di Panggung Debat: Saya Bukan Pesimis, Saya Optimis!

Di sesi membangun infrastruktur tanpa memarginalkan masyarakat, menurut Yunarto, Prabowo kurang memanfaatkan dengan baik. Prabowo hanya bicara soal perencanaan yang lebih matang dan tidak menyindir soal hutang.

Baca Juga : Cara Jokowi vs Prabowo Putus Rantai Korupsi di Birokrasi

"Pada saat pertanyaan tentang 4.0 revolusi industri terlihat Pak Prabowo tidak menguasai bidang tersebut sehingga pindah jawaban ke kurang nyambung," katanya.

Namun jawaban yang kurang nyambung itu justru bisa menguntungkan Prabowo. "Tapi bisa masuk Pemilu karena dia masuk ke kesejahteraan petani. 

Saya tidak peduli soal revolusi 4.0, yang penting harga petani bisa dijaga dan kesejahteraan petani bisa ditingkatkan. 

Jadi dari segi intelektualitas Pak Prabowo gagal saham, tapi dari segmen petani mungkin saja Pak Praowo dapat poin," kata Yunarto sembari menyebut Prabowo sejak awal memang orasi ke masyarakat, tak seperti sedang debat.






Sumber: 
https://news.detik.com/berita/d-4432119/babak-kedua-debat-pilpres-jokowi-jauh-unggul-prabowo-main-elektoral



Post a Comment

0 Comments