Apakah anda tahu usia jantung anda? Yuk cek usia jantung anda disini!

Heartache, Chest Pain, Hurt, Pain
heartattack pixabay
Penyakit jantung dikenal sebagai penyebab utama dari tingginya kematian di dunia. penyakit ini tidak mengenal usia tua maupun muda dan bisa datang secara tiba-tiba. Ya, memang tidak heran jika banyak orang baik tua maupun muda terkena penyakit jantung, karena banyak dari mereka yang mengadopsi gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi usia jantung anda. Banyak yang belum tahu bahwa jantung juga punya usia. Usia jantung tidak persis sama dengan usia biologis seseorang. Perlu diketahui, usia jantung seseorang bisa saja lebih tua ataupun lebih muda dari usia biologisnya. 

Menurut para ahli, dengan mengetahui umur jantung, maka seseorang dapat lebih cepat menyadari bahwa jantung dan pembuluh darahnya dalam bahaya, kemudian mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. 


sebagai antisipasi kedepannya, anda bisa mengecek usia jantung dan usia tubuh anda melalui :

1. anleneagetest
Situs ini akan memberikan berapa usia jantung Anda saat ini. Anda hanya perlu mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan dan anda dapat mengetahui usia jantung anda saat ini. 

2. framinghamhearthstudy
Situs ini lebih kompleks dari situs yang diatas. Ada beberapa hal yang harus Anda isi datanya, seperti riwayat diabetes, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, usia saat ini, jenis kelamin dan berapa tekanan darah Anda yang paling terakhir. Setelah itu anda dapat mengetahui berapa usia jantung anda.

Ingat, makin tinggi usia jantungmu makin besar risiko terkena serangan jantung. Tapi anda jangan putus asa dahulu, anda tetap bisa menurunkan dan membuat jantung tetap awet muda melalui mengubah pola hidup anda. seperti :



  • Hindari merokok. Jika Anda belum pernah merokok, maka jangan pernah mencobanya. Sedangkan apabila Anda perokok aktif, sebaiknya mulailah untuk berhenti. Dalam jangka waktu setahun anda telah mengurangi resiko terkena serangan jantung setengahnya dari perokok aktif.
  • Kendalikan tekanan darah. bila Anda mengalami hipertensi, maka yang harus Anda lakukan adalah mengendalikan tekanan darah Anda agar tidak melambung tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi serat, serta jauhi makanan yang bersodium tinggi, juga minuman yang beralkohol dan berkafein.
  • mulailah aktif dari sekarang. Berolahraga bukanlah hanya sekadar anjuran belaka, tetapi memang sebuah cara untuk mempertahankan kesehatan jantung dan tubuh Anda secara keseluruhan. Sebenarnya melakukan olahraga ringan seperti lari pagi saja sudah cukup asal anda rajin dan teratur. karena berolahraga berfungsi untunk menyeimbangkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.
  • Mengendalikan status gizi. Semakin Anda obesitas atau kelebihan berat badan maka risiko penyakit jantung akan semakin besar pula. Untuk itu, Anda dianjurkan agar memiliki status gizi yang baik dan indeks massa tubuh yang normal. Konsumsilah ikan paling tidak dua kali dalam seminggu, usahakan satu porsi tadi ikan yang mengandung minyak ikan. Ikan-ikan seperti makarel, sarden, tuna dan salmon merupakan sumber lemak omega-3 yang dapat membantu tubuh melawan penyakit jantung.
Baca Juga :
6 cara mudah bikin perut rata dan kencang
5 Manfaat Makan Apel Hijau ketika Perut Kosong, Termasuk Bisa Cegah Diabetes

Post a Comment

0 Comments